Powered by Blogger.

Friday 27 June 2014

Teknik Halo

Teknik halo merupakan gabungan dari teknik seleksi, masking, filter  dan pewarnaan sehingga akan menghasilkan efek cahaya yang menggambarkan kesan suci pada suatu objek gambar. Adapun langkah – langkah pembuatan teknik halo adalah sebagai berikut :
  1. Ambil gambar yang ingin anda berikan efek Halo, kemudian seleksi objek tersebut dengan teknik seleksi sesui dengan keinginan anda.
  2. Pilih Menu Select / Modify / Expand. Pada text box Expand by ketikkan angka 15.
  3. Pilih menu Select / Save Slection, Kemudian pada kotak dialog save selection ketik nama yang diinginkan, misalnya pada latihan ini kita beri nama “Out Halo”. Coba anda perhatikan pada layer channel, akan tercipta sebuah channel baru dengan nama Out Halo.
  4. Pilih menu Select  / Modify / Contract, pada kotak diaolog contract ketikkan nilai yang lebih kecil dari sebelumnya misalkan 10 pixel.
  5. Pilih menu Select / Save selection, pada kotak dialog save selection pilihlah channel yang sudah anda buat sebelumnya. Dalam hal ini adalah “Out Halo”, pada bagian operation pilihlah substract from Channel.
  6. Pilih palette channel, kedua seleksi yang anda buat sudah menjadi satu. Kemuadian Ctrl + Klik pada channel yang anda buat dalam hal ini adalah “ Out halo”, selanjutnya seleksi anda akan di – load ke jendela gambar.
  7. Pindah ke palette layers dan pilih layer gambar anda.
  8. Masukkan ke dalam mode Quick Mask. Tekan tombol Q, Kemudian jadikanlah daerah di dalam bingkai seleksi menjadi blur, dengan memilih menu Filter – Blur – Gaussion Blur.
  9. Keluarlah dari mode Quick mask dengan menekan tombol Q, kemudian klik kotak Set Forground Color dan pada kotak dialog color pilih warna yang anda inginkan untuk halo. Pada contoh ini warna yang digunakan adalah warna  kuning kemudian klik Alt + Backspace untuk mengisikan warna pada seleksi.
  10. Selanjutnya kita akan membuat garis halo dengan memperkecil bidang seleksi, pilih menu Select/ Modify / Contract, pada kotak dialog contract isikan nilai 1 pixel.
  11. Isikan bidang seleksi tersebut dengan menggunakan warna putih, sehingga akan didapatkan hasil Halo yang menakjubkan.

0 comments:

Post a Comment